PENGARUH JENIS PEMANASAN TERHADAP MOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI MATAPELAJARAN PJOK DI SMAN 1 GEDEG

Penulis

  • Ossa Viantina

Kata Kunci:

Pengaruh Jenis Pemanasan, Motivasi Belajar

Abstrak

Guru menjadi tokoh yang berkewajiban dalam membuat situasi dalam proses pembelajaran berjalan dengan menyenangkan. Menurut penelitian menyatakan bahawa dalam proses pembelajaran menuju ke kegiatan inti agar anak tetap semangat adalah proses pembukaan atau dalam PJOK adalah pemanasan penelitian kuantitatif yang pengambilan datanya menggunakan angket dan metode yang digunakan adalah survei. analisis data yang digunakan ada dua yaitu analisis deskriptif untuk mengetahui nilai yang diperoleh secara keseluruhan dan Uji T untuk mengetahui apakah ada perbedaan dari dua model perlakuan yang akan dilakukanSMAN 1 Gedeg yang menggunakan pemanasan statistik paling tinggi berada di posisi “sedang” dengan presentase sebesar 48.3% 22 siswa dari 64 siswa mempunyai motivasi belajar yang cukup dalam mengikuti pembelajaran PJOK. Sedangkan dalam pemanasan dinamis diperoleh presentase terbesar 35.3% dengan jumlah 18 siswa kategori “Tinggi”. Nilai signifikansi 2 tailed berada pada nilai 0.137 dan ada hubungan yang signifikanBerdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwasannya adanya perbedaan motivasi belajar siswa SMAN 1 Gedeg saat diberikan perlakuan pemanasan statistik dan dinamis yang dibuktikan dengan perbedaan mean dalam hasil olah data..

Diterbitkan

2024-01-07

Terbitan

Bagian

Articles