STRATEGI SEKOLAH DALAM MENANGANI PELANGGARAN TATA TERTIB PADA SISWA-SISWI DI SMA NEGERI 1 GEDEG KABUPATEN MOJOKERTO

Penulis

  • Moch. Shofiyuddin

Kata Kunci:

Strategi, Menanggulangi, Pelanggaran Tata Tertib

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi sekolah dalam menangani pelanggaran aturan dan tata tertib sekolah yang dilakukan oleh siswa-siswi SMA Negeri 1 Gedeg Kabupaten Mojokerto. Dalam penelitian ini, menggunakan teori manajemen strategik dan Behaviorisme Skinner. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Untuk mengecek ke absahan data dilakukan perpanjangan pengamatan dan trianggulasi.

Hasil temuan penelitian ini bahwa strategi sekolah dalam menangani pelanggaran tata tertib pada siswa-siswi SMA Negeri 1 Gedeg Kabupaten Mojokerto yaitu dengan tiga tahap perencanaan yang meliputi: (1) Pembuatan aturan tata tertib, (2) Mencanangkan Standart Operasional Prosedur (SOP) penanganan pelanggaran ketertiban, (3) Menugaskan tim guru khusus ketertiban. Dalam tahapan pelaksanaan ada tiga bentuk yakni: (1) Pencatatan Pelanggaran, (2) Kordinasi dengan guru BK dan Wali Kelas, (3) Menjatuhkan sanksi atau hukuman. Dalam tahap evaluasi yakni: (1) Wakasek Kesiswaan monitor kinerja guru ketertiban, (2) Wali kelas mengevaluasi peserta didiknya yang bermasalah, (3) Kepala sekolah melakukan komunikasi dan kordinasi dengan wali murid. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dalam menanggulangi pelanggaran ketertiban diperlukan manajemen strategis agar dapat berhasil mewujudkan siswa-siswi yang beretika, bermoral, dan berakhlak sesuai dengan tujuan, visi dan misi sekolah. Hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan sekolah dalam mengambil kebijakan dalam menanggulangi pelanggaran ketertiban di sekolah.

Diterbitkan

2024-01-06

Terbitan

Bagian

Articles